Bunga Matahari

Diposting pada

Pesan Bunga Papan Wedding di Cilandak – Bunga Matahari biasanya berwarna kuning dengan berwarna gelap bagian tengahnya. Memiliki bunga dengan diameter 4,8 cm sampai 9,6 cm, pada beberapa varietas bahkan mencapai hingga 30 cm. Biasanya memiliki batang yang tumbuh tinggi dengan akar merambat atau berbonggol besar.

Bunga Matahari merupakan salah satu bunga yang bersifat musiman. Berasal dari negara Meksiko dan Peru yang ditanam sebagai komoditas perkebunan. Meski demikian Bunga Matahari ini diakui oleh Negara Tiongkok sebagai negara nasional mereka dan di akui pula oleh negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Diberi nama Bunga Matahari sebab bentuk bunganya menyerupai matahari yang tengah bersinar. Selain itu Bunga Matahari juga memiliki kebiasaan unik yang menjadikan alasannya diberi nama bunga matahari, yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau dikenal dengan istilah Heliotropisme. Karena itu orang perancis sering kali menyebut Bunga Matahari dengan julukan tournesol atau pengelana matahari.

Dalam ukurannya yang besar, Bunga Matahari sebenarnya memiliki bunga-bunga kecil didalam cawannya. Bunga besar ini (inflorenscense) dikelilingi oleh mahkota berbentuk pita berwarna kuning, sementara di bagian tengahnya terdapat bunga-bunga kecil berbentuk tabung. Setelah bunga-bunga kecil ini matang, maka ia akan berubah menjadi biji yang mudah di lepaskan.
Dikenal dengan daya tahan dan kemampuan beradaptasi yang baik membuat banyak orang yang berminat menanamnya. Baik itu dari kalangan petani atau kolektor tanaman hias, terlebih Bunga Matahari pun terkenal dengan proses menanam yang terbilang mudah.

Berdasarkan pemanfaatannya, pembudi dayaan Bunga Matahari ini dibagi menjadi empat jenis, yaitu

• Kelompok penghasil minyak. Diambil dari biji.
• Kelompok pakan ternak. Diambil daunnya untuk pakan ternak atau pupuk hijau.
• Kelompok tanaman hias. Memanfaatkan varietas Bunga Matahari yang bermacam-macam.
• Kelompok pangan. Diambil bijinya untuk dijadikan kuaci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *