INI ALASAN KENAPA KAMU HARUS BANGET JALAN-JALAN KE CIREBON

Diposting pada

Travel Jakarta Cirebon – Jika kita sepanjang ini mengenal kota Cirebon sebagai kota udang atau kota petis, sesungguhnya tersedia banyak sekali alasan untuk datang ke kota yang terletak di pesisir utara jawa barat ini. Lokasi yang tak jauh dari kota Jakarta ini sanggup kamu jadikan alternatif berlibur pada saat weekend. Kalau kamu masih sangsi bersama dengan kota kecil yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini, selanjutnya lebih dari satu alasan yang sanggup dijadikan pertimbangan. Mari kita liat berbarengan kenapa Cirebon perlu dijadikan destinasi jalan-jalanmu selanjutnya.

PUSAT PENYEBARAN WALISONGO
Jika di Jawa Tengah tersedia Demak sebagai basis penyebaran agama Islam, maka di Jawa Barat tersedia kota Cirebon yang berperan mutlak didalam misi besar ini. Adalah Sunan Gunung Jati atau yang biasa di kenal sebagai Syarif Hidayatullah yang merupakan keliru satu dari Walisongo dan merupakan satu satunya Walisongo yang menyebarkan agama Islam di daratan Jawa Barat.

Wisata religi di cirebon pun lumayan lengkap, diantaranya adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang di bangun pada abad ke 15 dan Masjid Merah Panjunan yang punyai arsitektur jawa dan di padukan bersama dengan arsitektur khas hindu. Masjid Merah Panjunan di klaim punyai usia ratusan tahun dan sampai saat ini masih terawat keberadaanya. Terakhir, tersedia Makam Sunan Gunung Jati yang jadi bukti pengabdian sang wali didalam menyebarkan keyakinannya.

KEBUDAYAAN YANG KENTAL DAN KAYA
Keberagaman kebudayaan yang kini beralkuturasi adalah kebudayaan Bangsa Jawa, Tiongkok dan Arab yang hidup saling berdampingan bersama dengan rukun. Kebudayaan tari topeng Cirebon, Tarling, Sintren, sampai sandiwara cirebonan adalah kebudayaan yang perlu kamu lihat saat datang ke Kota Udang ini.

Sebagai bukti akulturasi kebudayaan yang nyata, lebih dari satu seni pun ikut terpengaruh. Sebut saja batik cirebon motif mega mendung yang jadi ciri khas kota cirebon ini, terkecuali kita perhatika bersama dengan tersedia sentuhan seni khas Tiongkok yang tak sanggup di lepaskan dari sejarah asal mula batik yang konon diciptakan Pangeran cakrabuana pada abad ke 15.

PUSAT KERAJAAN YANG MASIH BERDIRI MEGAH
Pada abad ke 15 sampai ke 16 Kesultanan Cirebon memasuki masa kejayaan. Wilayah kawasan Cirebon yang terletak di pesisir pantai utara ini jadi pusat perdagangan antar pulau yang lumayan menguntungkan. Kesultanan Cirebon pun tumbuh jadi Kerajaan yang lumayan besar pada masanya bersama dengan punyai empat kertaon yang lebih-lebih sampai saat ini masih berdiri megah. Empat keraton selanjutnya antara lain Keraton Kasepuhan yang merupakan pusat dari kerajaan, Keraton Kanoman yang merupakan pusat Kebudayaan, Keraton Kecirebonan yang banyak menaruh peninggalan seperti keris, dan yang terakhir Keraton Keprabon.

Semua bangunan keraton punyai arsitektur perpaduan Islam, Tiongkok, Hindu dan Belanda (Art Deco). Jika Kamu sedang berlibur ke Cirebon datangilah 4 keraton selanjutnya dan lihatlah sisa sisa kerajaan Islam yang pernah berjaya di masa lalu.

ALAM YANG INDAH UNTUK DIJELAJAHI
Salah satu destinasi yang perlu Kamu kunjungi saat datang di Kota Cirebon selanjutnya adalah wanawisata Ciwaringin. Kamu sanggup camping, trekking sampai memancing. Di tempat ini juga tersedia fasilitas outbond di Siwalk yang tentu saja akan memacu adrenalin.

Selain wanawisata, di Cirebon juga tersedia banyak tempat wisata air, jikalau Pantai Kejawanan, Telaga Remis, Situ Sedong, dan Danau Setu Patok. Masih kurang? Kamu sanggup berkunjung ke sumber air panas alami di kawasan Paliaman yang tetap ramai oleh pengunjung.

KULINER YANG MENGGODA
Siapa yang belum pernah bersama dengan Nasi Jamblang? Nasi yang dulunya di bungkus bersama dengan daun jati ini jadi energi tarik tersendiri bagi pengunjung Kota Cirebon. Tak hanya itu saja, Kamu juga perlu cobalah Empal Gentong bersama dengan kuah yang gurih di padukan bersama dengan lontong.

Demikianlah alasan-alasan yang mendasari kamu perlu datang ke Cirebon. Jadi, udah siap menjelajahi keunikan dan keragaman potensi dari Kota Cirebon ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *