POSISI PEMAIN SEPAK BOLA DALAM FORMASI SEPAK BOLA

Diposting pada

Yalla Shoot – Seperti yang udah kami semua ketahui bahwa sepakbola merupakan olahraga beregu, yang setiap regu diisi oleh 11 orang pemain. Dan berasal dari 11 orang pemain selanjutnya punyai posisinya masing-masing dalam formasi yang di inginkan pelatih. Posisi-posisi selanjutnya terlampau beragam, tentunya bersama nama dan fungsinya masing-masing.

Mungkin sebagian berasal dari Anda mengenal posisi sepak bolasebagai kiper, bek kanan, bek kiri, striker, gelandang, dan lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa memang posisi pemain didalam formasi permainan sepakbola lebih kompleks berasal dari beberapa posisitersbut? Oleh karenanya, di tulisan kali ini, bakal dijelaskan macam-macam posisi pemain sepak bola didalam formasi sepak bola.

MACAM-MACAM POSISI PEMAIN SEPAK BOLA BESERTA FUNGSINYA

Seperti disinggung sebelumnya pemain sepakbola punyai banyak posisi yang berlainan bersama nama yang berlainan pula. Setiap posisi pemain sepak bola memiliki tugas tersendiri yang terlampau spesifik, terasa sebagai pertahanan pada serangan lawan didalam mencetak gol, ada yang bertuga mengawasi pergerakan lawan kemanapun juga, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah, kami bakal mengkategorikan posisi sepak bola menjadi empat: kiper (goalkeeper), bek (defenders), gelandang (midfielders), dan penyerang (forwards). Nah, selanjutnya penjelasannya.

KIPER / PENJEGA GAWANG (GK)

Kiper / penjaga gawang / goalkeeper merupakan pemain yang dikenal bersama sarung tangannya. Goalkeeper memiliki posisi istimewa, karena cuma dia yang bisa menyentuh bola bersama tangannya didalam pertandingan (asalkan dia berada didalam area penalti sendiri, dan juga bola tidak sengaja diberikan kepadanya oleh teman satu timnya).

Selain sebagai baris pertahanan terakhir, kiper adalah orang pertama didalam sebuah serangan. Itulah mengapa Kiperpun mesti bisa mengakibatkan tendangan gawang yang baik, bisa menambahkan bola yang strategis, dan juga bisa melempar ke teman satu tim tanpa melaksanakan blunder. Dalam pertandingan sepak bola goalkeeper (GK) punyai empat peran utama yaitu saving, clearing, mengarahkan pertahanan, dan mendistribusikan bola.

Saving adalah tindakan untuk menghambat terjadinya goal berasal dari pemain lawan, yaitu bersama usaha-usaha menyingkirkan bola agar tidak masuk gawang layaknya menepis bola, menangkap bola, meninju bola, dan lain sebagainya. Sedangkan clearing merupakan tindakan atau langkah melindungi bola agar jauh berasal dari area berbahaya.

Kiper juga punyai peran mengarahkan pertahanan karena dia adalah pemain yang paling jauh di belakang dan dia bisa melihat di mana bek (defenders) mesti memposisikan diri.Mendistribusikan bola terjadi ketika kiper menentukan apakah bakal menendang bola atau membuangnya sesudah melakukan saving. Saat kiper melempar atau menendang bola ke arah teman satu timnya merupakan umpama berasal dari awal serang.

Beberapa kiper paling baik didalam histori adalah Lev Yashin, Gordon Banks, Dino Zoff, Peter Schmeichel, Dida, Casillas, Van Der Saar, Oliver Khan, Gianluigi Buffon, dan juga tetap banyak yang lainnya.

PEMAIN BERTAHAN (DEFENDERS)

Salah satu tugas defenders adalah untuk melindungi kiper selagi menguasai bola, mereka mesti berasumsi kiper sebagai orang penting yang tidak boleh didekati penyerang lawan, menghambat serangan lawan, dan memblok tembakan pemain lawan. Delam memjalankan tugas sebagai defenders dibutuhkan pemain yang fit, pekerja keras, dan cepat mengantisipasi pergerakan lawan. Biasanya, sebuah tim bermain bersama empat orang bek. Berikut macam-macamnya.

Bek Tengah/Center-Back (CB)

Dalam sebuah tim yang memasang empat pemain bertahan, center-back adalah dua bek yang di tengah. Menjadi center-back haruslah kuat, berani, dan juga baik pada selagi berduel bersama penyerang lawan.

Memiliki postur tinggi merupakan keuntungan bagi pemain bersama posisi ini, karena bakal memudahkan dia untuk memenangkan bola di udara, ini menjadi perihal yang kritis dan penting didalam suasana tendangan sudut. Ronald Koeman, Fabio Cannavaro, dan Franco Baresi adalah sebagian bek tengah paling baik sepanjang masa.

Full-Back (LB, RB)

Pemain Full-Back adalah bek yang diposisikan di samping. Mereka diklasifikasikan menjadi bek kiri atau Left-Back (LB) dan bek kanan atau Right-Back (RB). Defenders yang diposisikan antara mereka disebut Center-Backs (CB).

Tugas dari full-back adalah untuk menghambat lawan menyerang di sisi pertahanan (baik kanan maupun kiri). Oleh karena itu pemain bersama posisi ini mesti cepat dan mesti bisa menghambat lawan didalam memberikan crossing (umpan silang). Pemain full-back kebanyakan ditugaskan untuk mendampingi pergerakan pemain sayap lawan.

Bek Sayap/Wing-Back (LWB, RWB)

Wing-back atau bek sayap adalah full-back yang bisa bergerak maju sampai gawang lawan. Wing-back dibagi menjadi dua yaitu Bek Sayap Kiri atau Left Wing-Back (LWB) dan juga Bek Sayap Kanan atau Right Wing-Back (RWB). Dia menjelajah semua sisi panjang lapangan sepak bola.

Pemain bersama posisi ini selain mejaga pertahanan layaknya umunya full-back, juga sesekali menciptakan serangan layaknya halnya pemain sayap. Posisi ini adalah yang paling menuntut fisik di lapangan. Cafu dan Roberto Carlos adalah dua legenda sepak bola dunia bersama posisi sebagai wing-back.

Sweeper (SW)

Sweeper berposisi di belakang garis pertahanan, tepat berada di depan kiper. Di era sepak bola modern sekarang, posisi ini hampir tidak kembali kondang digunakan didalam pertandingan sepakbola. Namun, posisi ini sempat kondang di era lantas terutama bersama proses catenaccio berasal dari Italia .

Seperti namanya, tugas utama dari sweeper adalah untuk membersihkan (menyapu) bola berasal dari penguasaan lawan yang berhasil menerobos para bek (defenders). Umumnya pemain bersama posisi ini punyai kemampuan lebih didalam merebut dan menyapu bola berasal dari serangan lawannya. Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer merupakan sweeper yang paling luar biasa di antara semua sweeper.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *