Bola voli dan Sejarahnya

Diposting pada

Yalla Shoot – Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya punya dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedang di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang sudah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bersua dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan termasuk mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang termasuk merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette memang merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan memadukan sebagian type permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan jadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang paling akhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan spesifik bagi bagian YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, supaya permainan ini-pun dibikin tidak seaktif permainan bola basket.

Perubahan nama Mintonette jadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengakibatkan dan berharap Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang sudah ia ciptakan di stadion universitas yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di universitas YMCA, Springfield selanjutnya termasuk dihadiri oleh semua instruktur pendidikan jasmani. Dalam peluang tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam peluang itu, Morgan termasuk menyatakan bahwa permainan selanjutnya adalah permainan yang mampu dimainkan di di dalam maupun di luar ruangan dengan terlampau leluasa. Dan menurut penjelasannya pada waktu itu, permainan ini mampu termasuk dimainkan oleh banyak pemain. Tidak tersedia batasan kuantitas pemain yang jadi standar di dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran berasal dari permainan ini adalah mempertahankan bola supaya tetap bergerak melalui net yang tinggi, berasal dari satu lokasi ke lokasi lain (wilayah lawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *